Minggu, 28 Februari 2010

JAM BEKER Pengganggu Tidur Bagi Yang Malas



Pulang ke rumah adalah hal yang sangat menyenangkan pada saat minggu tenang, banyak makanan yang bisa dilahap sepuasnya tanpa harus membayar. Kalo kate para Jawara “Golok kalo ga ade sarungnye bisa ancur”. Sama seperti manusia bila nggak punya “rumah” bisa berantakan hidupnya. Kumasuki Kamar tempat gue kerja and tidur yang udah sebulan ini ngga pernah ditengok-tengok. Pintu dari kayu jati yang dipenuhi oleh stiker-stiker kegiatan alam bebas kubuka. Di dalamnya terdapat seperangkat komputer, tempat tidur mungil, lemari pakaian yang sekaligus dijadikan tempat naro perlengkapan dan alat pendakian, dinding yang dipenuhi ama lukisan dan foto-foto gue di puncak gunung, trus ada juga perpustakaan kecil gue yang bukunya didapet dari beli, foto kopi, dikasih oleh orang lain.


Aroma final test sudah menyengat baunya, minggu tenang yang diberikan pihak kampus pada umumnya untuk merileksasikan diri, terasa tidak setenang hembusan angin di Lau Kawar, dikarenakan kupakai untuk mengerjakan paper yang dikejar deadline. Pikiranku jauh melayang bukan karena terbuai oleh bahan-bahan paper yang menumpuk juga bukan karena mempelajari materi untuk ujian nanti, tapi justru membayangkan acara liburan semester yang akan digunakan untuk mendaki G. Semeru.


Ujian pertama besok udah dimulai yaitu hari Senin pukul 09.00, ya Senin yang kata orang kantoran adalah hari yang sibuk. Untuk ngingetin ada ujian pagi besok, gue setel aja jam beker (jam yang bunyinya berisik seperti nenek-nenek belum nyirih) biar bunyi pukul 05.30 karena udah tengah malam gue belum tidur juga dikarenakan masih ngerjain paper yang terakhir dari beberapa paper yang ditugaskan.


Gue jadi inget cerita Bokap (Lagi Do’I masih SD) di mana pada saat itu ga punya jam beker. Gimana mau beli jam beker buat bayaran sekolah aja susah banget, maklum taon 50-an semuanya serba ruwet (emangnya sekarang ga ruwet apa!?!). Dulu pengen bangun pagi biar ga terlambat sekolah atawa ga telat Ujian ngga pake jam beker tapi pake suara ayam jago nyang nyaring bunyinya “Kukuruyuk” kalo ga “Kongkorongkong”(ayo nyang bener mana?). Lentingan suara yang pertama menandakan sekitar pukul 02.00-03.00, dimana biasanya ngingetin orang yang beragama Islam untuk ngelakuin solat tahajud, dan juga pada bulan Ramadhan untuk ngingetin buat sahur. Lentingan berikutnya menandakan sekitar pukul 04.00-05.00 yang biasanya nandain imsak atau subuh.


Bokap dulu gunain lentingan suara ayam jago (ada ape Ayam Jago yang ga jago?) yang kedua. Kalo tuh Ayam udah mulai berkicau (eh salah ye, mengaum kali ye yang bener) untuk session yang keduanya, maka siap-siap deh untuk cabut ke sekolah yang jaraknya cukup jauh yaitu dari desa ke kota kecamatan (Jangan dibayangin kelamaan!!).


Bokap gue udah dibangunin ama tuh bunyi suara ayam disaat nyamuk-nyamuk udeh pada kenyang, hembusan angin lagi dingin-dinginnya, suara binatang malam udah mulai cape. Bokap trus mandi, sarapan, baca buku lagi, and pokoknya banyak yang dilakuin deh, abis itu ngambil sepeda di dapur dan langsung ngacir. Perjalanan untuk ke sekolah lumayan jauh dan keren, turun naik bukit dengan udara dingin, ngelewatin hutan yang pinggirannya dipenuhi pohon jati dan jalan tanah licin karena dibasahi oleh embun. Kadang kalo sepeda ga bisa dipake, Bokap terpaksa jalan kaki.


Lagi enak-enaknya genjot sepeda (kalo masih ada tuh sepeda masuk museum kali) tiba-tiba terdengar suara menggelegar DUARRR!! Ternyata ban sepedanya meledak, tapi masih untung coba bayangin kalo betis yang meledak karena kelamaan genjot. Kejadian inilah yang sangat menyesakkan hati karena jarang Bokap mendapat uang jajan biasanya palingan bawa bekel makanan aja, terpaksa deh tuh sepeda dituntun.


Setelah sampai halaman sekolah ternyata masih gelap, gerbang sekolah pun yang terbuat dari bambu masih tertutup. Kemudian dibukanya gerbang itu, masuk agak ke dalam dilihatnya pintu-pintu kelas masih rapat terkunci seakan mengumpat dari dinginya udara. Bokap berpikir nggak mungkin salah, hari ini adalah Senin nggak mungkin Minggu, tapi kok nggak ada siapa-siapa. Ada apa gerangan? Bokap berjalan menuju ke rumah penjaga sekolah melewati lapangang kecil yang biasa dipakai buat upacara atau olahraga, di pinggirannya dipenuhi oleh tanaman hias. Diketuknya pintu rumah penjaga sekolah, tak lama orang dengan perawakan agak tua yang rambutnya mulai disisipi oleh uban pun keluar, orang tersebut masih mengenakan sarung dengan kaos tidurnya plus kupluk.


Pria itu bertanya “Ada Apa Jang”? Bokap malah balik bertanya karena bingung “kok sepi mang pada kemana nih”? “Ha…Ha…Ha…, ya iyalah masih sepi inikan baru pukul 05.30, sekolah belum buka jang”. Ternyata Bokap baru sadar bahwa panggilan ayam tadi adalah panggilan pertama yang munjukan pukul 03.00. Kemudian dengan lemas Bokap hanya memandangi Sepeda yang bocor bannya.


Ah itu kan hanya cerita Bapakku saja, untung sekarang gue punya jam beker. Kecapaian membuat paper akhirnya aku terlelap padahal paper tinggal diprint aza. Krriiing!!!! Jam beker berbunyi menunjukkan pukul 05.30, ah masih lama, Aku setel lagi dengan cepat pada pukul 06.30. Krriiing!!! Jam beker berbunyi untuk kedua kalinya dan sebelumnya Ibuku udah ngingetin “Jang Ujian ga, katanya ujian pagi, Ibu mau ke pasar nih tuh ongkosnya di meja kalo mau sarapan bikin aja sendiri”. Ah ganggu aja pikirku tanpa mempedulikan lagi, sambil kembali lanjutkan tidurku karena kecapaian. Matahari merambat pelan masuk melewati celah-celah ventilasi kamarku membuat mataku terbuka kucari jam bekerku kuraba-raba dengan pengeliatan masih samar akhirnya dapat juga dan setelah dilihat dengan sebelah mata ternyata menunjukkan pukul 07.45. Waduh terlambat ujian bisa ga lulus lagi nih masa ngulang lagi sih. Tanpa mandi hanya menggosok gigi dan membasuh muka segera kuambil Day Pack yang di dalamnya sudah lengkap untuk kebutuhan ujian dan tak lupa paperku.


Perasaan cemas udah dimulai saat menunggu mikrolet yang lama sekali datangnya, sekalinya ada penuh, yah terpaksa gantung di pinti mikrolet, untung cuek. Rasa cemas datang lagi waktu menunggu kereta listrik yang lama datangnya, kulihat jam menunjukkan pukul 08.15, dalam hati ngedumel, “ah seandainya motorku gak turun mesin, gue belah nih jalanan paling cuma 30 menit nyampe kampus”.


Akhirnya sampai juga, turun dari kereta kulanjutkan dengan mikrolet kemudian setalah sampai gerbang kampus langsung kutuju blok IV dengan kecepatan penuh. Wah ternyata hanya tinggal beberapa mahasiswa saja, itu pun sedang melangkah untuk mengumpulkan kertas jawaban. Waduh ga lulus lagi deh……..Krriiing!!!! Jam beker berbunyi menunjukkan pukul 05.30 membangunkanku dari tidur, Ah untung hanya mimpi, ganggu aja lo, aku setel kembali dengan cepat jam beker kerah pukul 06.30. Krriinnggg!!!! Jam beker berbunyi kembali untuk kedua kalinya dan sebelumnya Ibuku udah ngingetin “Jang Ujian ga, katanya ujian pagi, Ibu mo ke pasar tuh ongkosnya di meja kalo mo sarapan bikin aja sendiri”. …… Ah ga boleh orang istirahat apa, tanpa mempedulikannya kulanjutkan tidurku…….zzzz…zzzz…zzzz…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar